Icon Price List Test Drive

Test Drive

Icon Price List Price List

Price List

Icon Price List Booking Service

Booking Service

Icon Price List Compare Cars

Compare Cars

Icon Price List Trade-In

Trade-In

Banyak potensi masalah saat cuaca buruk, seperti pohon atau obyek besar lain seperti baliho tumbang ke jalan. Obyek yang jatuh tersebut dapat menimpa mobil Anda, baik saat berhenti atau berjalan dengan risiko bikin mobil penyok bahkan rusak parah.

Apalagi bila hujan deras yang turun disertai dengan angin kencang, biasanya akan ada pohon tua atau obyek besar lain yang jatuh ke jalan atau area parkir kendaraan. Dilansir dari Cintamobil.com, berikut cara menghindari pohon atau baliho yang tumbang di jalan.

1. Pantau Perkembangan Cuaca

Di zaman yang serba modern, prakiraan cuaca suatu tempat dapat diakses melalui smartphone. Saat ingin pergi ke suatu tempat, silakan pantau prakiraan cuaca pada lokasi tujuan. Jika ternyata perkiraannya akan turun hujan lebat dibarengi angin kencang, Anda bisa menunda perjalanan.

2. Manfaatkan Peta Digital

Kalau tetap harus berkendara, atur saat yang paling aman, seperti tunggu hingga hujan lebat dan angin kencang reda. Manfaatkan peta digital untuk memilih rute yang relatif aman dari potensi macet akibat hujan atau risiko adanya obyek besar tumbang.

3. Pantau Kanal Social Media

Anda juga bisa memantau kanal social media dari akun resmi polisi, media online, pengelola jalan tol, atau akun lain yang sering memberi info terkini mengenai lalu lintas. Update terkait bencana alam bisa didapatkan dari info yang diberikan real time.

4. Tingkatkan Kewaspadaan

Kewaspadaan perlu ditingkatkan dengan memperhatikan kondisi jalan di depan. Tak kalah penting, kurangi kecepatan mobil saat berkendara dalam cuaca hujan. Dengan berjalan pelan, Anda akan bisa lebih sigap untuk melihat dan merespons saat melihat pohon atau baliho tumbang.

5. Tetap Tenang dan Jangan Panik

Hindari kepanikan saat melihat objek yang akan jatuh di depan. Apabila jatuhnya menuju jalur yang akan dilalui, pilih lajur lain atau lakukan pengereman sambil melihat kondisi sekeliling. Jangan lakukan manuver berlebih atau mengerem mendadak karena bisa menyebabkan kecelakaan.

Apabila pohon yang tumbang di sebelah kanan, maka sebaiknya lihat spion sebelah kiri begitu juga sebaliknya, sehingga bisa melakukan manuver menghindar dengan aman. Jangan terlalu agresif karena jalan cenderung lebih licin. Tepikan kendaraan dan lihat kondisinya kalau sudah aman.

6. Hindari Parkir Mobil di Bawah Pohon atau Baliho Besar

Tak sedikit kejadian mobil tertimpa pohon tumbang atau baliho akibat pemilihan lokasi parkir outdoor. Apabila kondisi hujan lebat atau berpotensi turun hujan, sebaiknya Anda mencari tempat parkir yang lebih aman.

Hindari parkir di tempat yang dekat dengan pohon tua, baliho, tiang listrik, billboard dan objek lain yang berpotensi roboh terkena angin kencang. Jika ada, lebih baik parkir di gedung parkir karena lebih aman. Kalaupun terpaksa harus parkir di luar gedung, pastikan tidak ada risiko kejatuhan objek.

Sumber : https://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/read/waspada-pohon-dan-baliho-tumbang-saat-cuaca-buruk-tips-ini-bantu-anda-menghindar-supaya-tidak-kena

Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo Kavling C2
Jababeka Cikarang,
Bekasi - Jawa Barat

Penjualan 021 89326000
Booking Service 021 89326999 021 89326888
sales@jdtoyota.co.id
Senin - Jumat
      08.00 - 17.00
      Sabtu & Minggu
      08.00 - 15.00

Konsultasi
Pembelian