Icon Price List Test Drive

Test Drive

Icon Price List Price List

Price List

Icon Price List Booking Service

Booking Service

Icon Price List Compare Cars

Compare Cars

Icon Price List Trade-In

Trade-In

Terbatasnya area parkir membuat sebagian pengguna mobil memanfaatkan parkir paralel. Apalagi di kawasan ramai seperti area perkantoran atau mal yang kapasitasnya terbatas namun kebutuhan space parkirnya tinggi.

Dengan parkir paralel, kapasitas parkir dapat ditambah meskipun parkir seri sudah penuh. Namun begitu, ada beberapa hal wajib diperhatikan ketika parkir paralel. Yang terutama adalah dilarang menarik rem parkir atau rem tangan supaya mobil bisa didorong.

Untuk mobil manual, parkir paralel bukan perkara yang sulit. Anda cukup pastikan tuas transmisi di posisi netral dan tidak menarik rem tangan. Namun, untuk mobil transmisi matik harus memperhatikan beberapa hal supaya dapat parkir dengan aman.

Aturan umum pada mobil matik atau otomatis adalah dilarang mengarahkan tuas transmisi ke posisi P ketika mobil parkir paralel. Karena dengan begitu, mobil tidak dapat didorong saat dibutuhkan meskipun rem parkir tidak ditarik.

Kuncinya adalah Anda wajib menekan tombol shift lock. Fitur ini membuat mobil tetap bisa didorong ketika parkir pararel. Tombol shift lock berguna ketika tuas transmisi ada di posisi P supaya bisa digeser ke N saat kunci kontak dicabut.

Cara Menggunakan Tombol Shift Lock

Berikut cara menggunakan tombol shift lock:

– Matikan mesin mobil Anda

– Posisikan tuas transmisi di P (Park)

– Tarik rem parkir atau rem tangan untuk memastikan mobil tidak bergerak

– Cabut kunci kontak mobil dari slotnya

– Injak pedal rem untuk memastikan mobil tidak bergerak dengan sendirinya

– Tekan tombol shift lock

– Geser tuas ke posisi N (Netral)

– Lepaskan tombol shift lock

– Lepas injakan pada pedal rem dan pastikan mobil aman tidak bergeser

– Perlahan lepas rem parkir sehingga mobil bisa didorong jika dibutuhkan.

Shift Lock Model Lubang

Umumnya shift lock jenis ini disematkan pada mobil-mobil yang sudah mengusung fitur smart key atau keyless. Mobil jenis ini tetap ada anak kunci yang berguna saat darurat dan bisa digunakan untuk mengaktifkan shift lock. Tapi matik konvensional juga ada yang memakainya.

Anda tinggal memasukkan anak kunci mobil ke lubang shift lock untuk mengaktifkannya. Selanjutnya tinggal geser tuas transmisi ke N. Perlu diingat, ketika shift lock sudah diaktifkan, jangan tarik rem tangan untuk memastikan mobil dapat digeser.

Sumber : https://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/read/parkir-paralel-mobil-matik-tidak-boleh-sembarangan-ini-alasan-dan-solusinya

Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo Kavling C2
Jababeka Cikarang,
Bekasi - Jawa Barat

Penjualan 021 89326000
Booking Service 021 89326999 021 89326888
sales@jdtoyota.co.id
Senin - Jumat
      08.00 - 17.00
      Sabtu & Minggu
      08.00 - 15.00

Konsultasi
Pembelian