Icon Price List Test Drive

Test Drive

Icon Price List Price List

Price List

Icon Price List Booking Service

Booking Service

Icon Price List Compare Cars

Compare Cars

Icon Price List Trade-In

Trade-In

Wiper merupakan fitur penting yang Anda butuhkan ketika berkendara dalam kondisi hujan. Dilansir dari Kompas.com, cara menggunakan wiper cukup mudah dimana Anda hanya perlu memutar atau menggeser tuas yang ada di balik setir.

Di mobil Jepang, posisi tuas berada di kiri dan mobil Eropa tuas wiper terletak di kanan. Pada tuas wiper terdapat beberapa simbol yang memiliki fungsi berbeda-beda, sehingga Anda harus memahami arti simbol tersebut agar bisa menggunakannya secara optimal. Berikut beberapa simbol di tuas wiper mobil.

1. Mist

Simbol atau tulisan Mist ini biasanya ditaruh di paling atas. Mist adalah pengoperasian wiper yang hanya sekali sapuan setiap kali diaktifkan.

Untuk mengaktifkannya dari posisi OFF, Anda hanya perlu menggeser tuas wiper ke atas satu kali saja. Setelah itu, begitu dilepas per akan membuat tuas kembali ke posisi OFF. Mist digunakan kalau cuma ada titik-titik air hujan di kaca depan.

2. Intermitten

Fungsi ini ditulis menggunakan simbol “INT” yang merupakan singkatan dari Intermitten. Mode intermitten digunakan ketika titik-titik air yang jatuh di kaca depan belum cukup banyak untuk dihapus dengan sapuan wiper pada mode paling lambat sekalipun.

Untuk pengoperasiannya, Anda tinggal geser tuas wiper dari OFF ke posisi INT. Pada mode intermitten ini wiper bergerak menyapu kaca depan dalam interval waktu tertentu. Pada beberapa mobil dibekali fitur pengatur kecepatan intermitten, dari yang paling lambat hingga cepat.

Ciri pengaturan intermittent ini adalah tanda segitiga yang dibagi dalam beberapa kotak. Semakin besar kotak berarti semakin lama pula interval wiper bekerja. Cara mengaturnya biasanya dengan memutar switch di ujung tuas pengoperasian wiper.

3. LO dan HI

Simbol LO dan HI untuk pengaturan wiper yang bekerja terus-menerus tanpa jeda. Bedanya antara LO dan HI ada pada kecepatan gerakan wiper. Posisi LO digunakan ketika hujan deras turun. Ketika hujan semakin deras dan visibilitas mulai berkurang, gunakan posisi HI.

4. AUTO

Simbol AUTO tidak ada di setiap mobil. AUTO ini berarti wiper bekerja otomatis karena dibekali teknologi rain sensing wiper. Dengan teknologi wiper otomatis, kecepatan gerakan wiper diatur komputer mobil agar sesuai dengan banyaknya air hujan yang mengenai kaca mobil.

Wiper otomatis menggunakan sensor infra merah yang biasanya dipasang di bagian dalam kaca depan sebelah atas, tepat di belakang spion dalam.

5. REAR

Buat mobil yang ada wiper di kaca belakang, pengaturannya juga ada di tuas wiper. Biasanya ada tulisan REAR sebagai pembeda. Untuk mengaktifkannya, umumnya dengan memutar kenop yang ada di ujung tuas. Anda bisa mengaktifkan wiper atau menyemprotkan air wiper atau washer di kaca belakang.

6. Pembersih Kaca Depan

Satu lagi bagian penting tuas wiper adalah fungsi untuk menyalakan air pembersih kaca depan. Cara mengaktifkannya mudah, cukup tarik tuas ke arah Anda dan air pembersih kaca depan akan disemprotkan. Sekaligus, wiper juga akan aktif menyeka air yang disemprotkan untuk membersihkan kaca depan tersebut.

Sumber : https://www.toyota.astra.co.id/corporate-information/news-promo/read/mulai-low-sampai-auto-yuks-belajar-simbol-dan-kode-di-tuas-wiper-jangan-lupa-wiper-belakang

Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo Kavling C2
Jababeka Cikarang,
Bekasi - Jawa Barat

Penjualan 021 89326000
Booking Service 021 89326999 021 89326888
sales@jdtoyota.co.id
Senin - Jumat
      08.00 - 17.00
      Sabtu & Minggu
      08.00 - 15.00

Konsultasi
Pembelian